Sejarah Mengenai Gaya Arsitektur Recoco
April 05, 2020
Add Comment
Karakteristik Seni dan Arsitektur Rococo
Rococo menggambarkan jenis seni dan arsitektur yang dimulai di Prancis pada pertengahan 1700-an. Ini ditandai dengan ornamen yang halus namun substansial. Sering diklasifikasikan sebagai "Late Baroque ," Seni dekoratif Rococo berkembang untuk waktu yang singkat sebelum Neoclassicism.
Rococo adalah periode dari pada gaya tertentu. Seringkali era abad ke-18 ini disebut "the Rococo," periode waktu yang secara kasar dimulai dengan kematian Raja Matahari Perancis tahun 1715, Louis XIV, hingga Revolusi Perancis pada tahun 1789. Itu adalah masa Pra-Revolusi Perancis yang tumbuh sekularisme dan pertumbuhan terus dari apa yang dikenal sebagai kelas borjuis atau kelas menengah. Pelanggan seni tidak semata-mata royalti dan aristokrat, sehingga seniman dan pengrajin dapat memasarkan ke khalayak yang lebih luas dari konsumen kelas menengah. Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791) dikomposisikan tidak hanya untuk royalti Austria tetapi juga untuk publik.
Periode Rococo di Perancis bersifat transisi. Warga negara tidak terikat pada Raja Louis XV yang baru, yang baru berusia lima tahun. Periode antara 1715 dan ketika Louis XV muncul pada tahun 1723 juga dikenal sebagai Régence, masa ketika pemerintah Prancis dijalankan oleh "bupati," yang memindahkan pusat pemerintahan kembali ke Paris dari Versailles yang mewah. Cita-cita demokrasi memicu Zaman Akal (ini juga dikenal sebagai Pencerahan) ketika masyarakat dibebaskan dari monarki absolutnya. Skala dirampingkan lukisan lebih diperuntukkan bagi salon dan pedagang seni daripada galeri istana dan keanggunan diukur dalam benda-benda kecil dan praktis seperti lampu gantung dan lampu sup.
Rococo Didefinisikan
Gaya arsitektur dan dekorasi, terutama yang berasal dari Prancis, yang mewakili fase terakhir Baroque sekitar pertengahan abad ke-18. dicirikan oleh ornamen yang berlimpah, seringkali semi-ekstrak, warna dan berat yang ringan.
Fitur
Karakteristik Rococo termasuk penggunaan kurva dan gulungan yang rumit, ornamen berbentuk seperti kerang dan tanaman, dan seluruh ruangan berbentuk oval. Polanya rumit dan detailnya halus. Di Rococo, bentuknya rumit dan tidak simetris. Warna seringkali terang dan pastel, tetapi bukan tanpa percikan kecerahan dan cahaya.
"Di mana barok itu berat, besar, dan luar biasa," tulis profesor seni rupa William Fleming, "Rococo itu lembut, ringan, dan menawan." Tidak semua orang terpesona oleh Rococo, tetapi arsitek dan seniman ini memang mengambil risiko yang sebelumnya tidak dimiliki orang lain.
Para pelukis zaman Rococo bebas tidak hanya untuk membuat mural besar untuk istana agung tetapi juga karya-karya yang lebih kecil dan lebih halus yang dapat ditampilkan di salon-salon Prancis. Lukisan ditandai dengan penggunaan warna-warna lembut dan garis-garis kabur, garis-garis melengkung, ornamen detail, dan kurangnya simetri. Subjek lukisan dari periode ini semakin berani beberapa di antaranya bahkan dianggap pornografi menurut standar sekarang ini.
Seni Dekorasi Walt Disney dan Rococo
Selama 1700-an, gaya seni, furnitur, dan desain interior yang sangat dekoratif menjadi populer di Prancis. Disebut Rococo, gaya mewah menggabungkan kelezatan rocaille Prancis dengan barocco Italia, atau Baroque. Detail jam, bingkai foto, cermin, potongan-potongan mantel, dan lilin adalah beberapa benda berguna yang dipercantik untuk dikenal secara kolektif sebagai "seni dekoratif."
Di Perancis, kata rocaille mengacu pada batu, kerang, dan ornamen berbentuk kerang yang digunakan pada air mancur dan seni dekoratif saat itu. Lilin porselen Italia yang dihiasi dengan ikan, kerang, daun, dan bunga adalah desain umum dari abad ke-18.
Generasi-generasi tumbuh di Prancis yang meyakini Absolutisme, bahwa Raja diberdayakan oleh Tuhan. Setelah kematian Raja Louis XIV, gagasan tentang "hak ilahi raja" mulai dipertanyakan dan sekularisme baru diresmikan. Manifestasi kerub Alkitabiah menjadi putti nakal, terkadang nakal di lukisan dan seni dekoratif zaman Rococo.
Jika salah satu dari kandil ini terlihat sedikit familiar, mungkin banyak karakter Walt Disney di Beauty and the Beast yang mirip dengan Rococo. Karakter kandil Disney, Lumiere, khususnya, terlihat seperti karya pandai emas Prancis Juste-Aurèle Meissonnier (1695-1750), yang ikon lilinnya, 1735 sering ditiru. Tidak mengherankan untuk menemukan bahwa dongeng La Belle et la Bête diceritakan kembali dalam publikasi Prancis tahun 1740 era Rococo. Gaya Walt Disney tepat di tombol.
Pelukis Era Rococo
Tiga pelukis Rococo terkenal adalah Jean Antoine Watteau, François Boucher, dan Jean-Honore Fragonard.
Perincian lukisan 1717 yang diperlihatkan di sini, Les Plaisirs du Bal atau The Pleasure of the Dance oleh Jean Antoine Watteau (1684-1721), adalah khas dari periode Rococo awal, era perubahan dan kontras. Pengaturan ini baik di dalam maupun di luar, dalam arsitektur megah dan dibuka untuk dunia alami. Orang-orang dibagi, mungkin berdasarkan kelas, dan dikelompokkan sedemikian rupa sehingga mereka mungkin tidak pernah bersatu. Beberapa wajah berbeda dan beberapa sama, beberapa orang membelakangi penonton, sementara yang lain bertunangan. Beberapa mengenakan pakaian cerah dan yang lain tampak gelap seolah-olah mereka melarikan diri dari lukisan Rembrandt abad ke-17. Lansekap Watteau adalah waktu, mengantisipasi waktu yang akan datang.
François Boucher (1703-1770) sekarang dikenal sebagai pelukis dewi dan nyonya yang sangat sensual, termasuk dewi Diane dalam berbagai pose, Nyonya Brune yang sedang berbaring dan setengah telanjang, dan Nyonya Pirang yang sedang berbaring dan telanjang . "Pose nyonya" yang sama digunakan untuk lukisan Louise O'Murphy, teman dekat Raja Louis XV. Nama Boucher kadang-kadang identik dengan kesenian Rococo seperti nama pelindungnya yang terkenal, Madame de Pompadour, nyonya favorit Raja.
Jean-Honore Fragonard (1732-1806), seorang siswa Boucher, terkenal karena menciptakan lukisan klasik Rococo The Swing 1767. Sering ditiru sampai hari ini, L'Escarpolette sekaligus sembrono, nakal, main-main, hiasan, sensual, dan alegoris. Wanita di ayunan dianggap sebagai nyonya lain dari pelindung seni lainnya.
Furnitur Marquetry dan Periode
Ketika alat-alat tangan menjadi lebih halus di abad ke-18, demikian juga proses dikembangkan dengan menggunakan alat-alat itu. Marquetry adalah proses rumit dari inlaying kayu dan desain gading ke selembar veneer untuk ditempelkan pada furnitur. Efeknya mirip dengan parket, cara untuk membuat desain di lantai kayu. Yang ditampilkan di sini adalah detail maretri dari Minerva and Diana commode oleh Thomas Chippendale, 1773, yang dianggap oleh beberapa orang sebagai karya terbaik pembuat kabinet Inggris.
Perabotan Prancis yang dibuat antara 1715 dan 1723, sebelum Louis XV beranjak dewasa, umumnya disebut French Régence, jangan disamakan dengan negara Inggris, yang terjadi sekitar seabad kemudian. Di Inggris, gaya Ratu Anne dan gaya William dan Mary yang lama sangat populer pada masa Perancis. Di Prancis, gaya Kekaisaran berhubungan dengan Kabupaten Inggris.
Furnitur Louis XV dapat diisi dengan marquetry, seperti meja rias bergaya Louis XV, atau diukir dan disepuh emas, seperti meja kayu berukir Louis XV dengan atasan marmer, abad ke-18, Prancis. Di Inggris, pelapisnya semarak dan berani, seperti seni dekoratif Inggris, sofa kenari dengan permadani Soho, 1730.
Tiga pelukis Rococo terkenal adalah Jean Antoine Watteau, François Boucher, dan Jean-Honore Fragonard.
Perincian lukisan 1717 yang diperlihatkan di sini, Les Plaisirs du Bal atau The Pleasure of the Dance oleh Jean Antoine Watteau (1684-1721), adalah khas dari periode Rococo awal, era perubahan dan kontras. Pengaturan ini baik di dalam maupun di luar, dalam arsitektur megah dan dibuka untuk dunia alami. Orang-orang dibagi, mungkin berdasarkan kelas, dan dikelompokkan sedemikian rupa sehingga mereka mungkin tidak pernah bersatu. Beberapa wajah berbeda dan beberapa sama, beberapa orang membelakangi penonton, sementara yang lain bertunangan. Beberapa mengenakan pakaian cerah dan yang lain tampak gelap seolah-olah mereka melarikan diri dari lukisan Rembrandt abad ke-17. Lansekap Watteau adalah waktu, mengantisipasi waktu yang akan datang.
François Boucher (1703-1770) sekarang dikenal sebagai pelukis dewi dan nyonya yang sangat sensual, termasuk dewi Diane dalam berbagai pose, Nyonya Brune yang sedang berbaring dan setengah telanjang, dan Nyonya Pirang yang sedang berbaring dan telanjang . "Pose nyonya" yang sama digunakan untuk lukisan Louise O'Murphy, teman dekat Raja Louis XV. Nama Boucher kadang-kadang identik dengan kesenian Rococo seperti nama pelindungnya yang terkenal, Madame de Pompadour, nyonya favorit Raja.
Jean-Honore Fragonard (1732-1806), seorang siswa Boucher, terkenal karena menciptakan lukisan klasik Rococo The Swing 1767. Sering ditiru sampai hari ini, L'Escarpolette sekaligus sembrono, nakal, main-main, hiasan, sensual, dan alegoris. Wanita di ayunan dianggap sebagai nyonya lain dari pelindung seni lainnya.
Furnitur Marquetry dan Periode
Ketika alat-alat tangan menjadi lebih halus di abad ke-18, demikian juga proses dikembangkan dengan menggunakan alat-alat itu. Marquetry adalah proses rumit dari inlaying kayu dan desain gading ke selembar veneer untuk ditempelkan pada furnitur. Efeknya mirip dengan parket, cara untuk membuat desain di lantai kayu. Yang ditampilkan di sini adalah detail maretri dari Minerva and Diana commode oleh Thomas Chippendale, 1773, yang dianggap oleh beberapa orang sebagai karya terbaik pembuat kabinet Inggris.
Perabotan Prancis yang dibuat antara 1715 dan 1723, sebelum Louis XV beranjak dewasa, umumnya disebut French Régence, jangan disamakan dengan negara Inggris, yang terjadi sekitar seabad kemudian. Di Inggris, gaya Ratu Anne dan gaya William dan Mary yang lama sangat populer pada masa Perancis. Di Prancis, gaya Kekaisaran berhubungan dengan Kabupaten Inggris.
Furnitur Louis XV dapat diisi dengan marquetry, seperti meja rias bergaya Louis XV, atau diukir dan disepuh emas, seperti meja kayu berukir Louis XV dengan atasan marmer, abad ke-18, Prancis. Di Inggris, pelapisnya semarak dan berani, seperti seni dekoratif Inggris, sofa kenari dengan permadani Soho, 1730.
0 Response to "Sejarah Mengenai Gaya Arsitektur Recoco"
Post a Comment